cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kudus,
Jawa tengah
INDONESIA
JURNAL KONSELING GUSJIGANG
ISSN : 24601187     EISSN : 2503281x     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Konseling Gusjigang Juni 2015" : 12 Documents clear
MODEL LAYANAN INFORMASI KARIR DENGAN TEKNIK FIELD TRIP UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR SISWA SMK DI KABUPATEN DEMAK Anisah, Laelatul
JURNAL KONSELING GUSJIGANG Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Konseling Gusjigang Juni 2015
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.731 KB) | DOI: 10.24176/jkg.v1i1.292

Abstract

Masalah dari penelitian ini adalah layanan informasi karir dilaksanakan kurang maksimal yang mengakibatkan siswa kurang dalam mendapatkan informasi khususnya dalam bidang karir sehingga siswa tidak dapat menetapkan tujuan karirnya. Tujuan penelitian ini: (1) mengetahui kondisi faktual pelaksanaan layanan informasi karir di Kabupaten Demak, (2) mengetahui kondisi faktual tingkat perencanaan karir siswa di SMK N 1 Sayung, (3) menghasilkan model layanan informasi karir dengan teknik field trip untuk meningkatkan perencanaan karir siswa SMK, (4) mengetahui keefektifan model layanan informasi karir dengan teknik field trip untuk meningkatkan perencanaan karir siswa SMK N 1 Sayung. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D). Hasil uji coba lapangan menunjukkan tingkat perencanaan karir siswa mengalami peningkatan. Skor pre test 113 poin sedangkan skor post test 149 poin sehingga meningkat sebesar 36 poin. Hal ini menunjukkan bahwa model yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan perencanaan karir.
LAYANAN INFORMASI KARIR MEMBANTU PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KARIR Hidayati, Richma
JURNAL KONSELING GUSJIGANG Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Konseling Gusjigang Juni 2015
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.515 KB) | DOI: 10.24176/jkg.v1i1.258

Abstract

Peserta didik akan selalu dihadapkan dengan sejumlah alternatif,baik yang berhubungan kehidupan pribadi, sosial, belajarmaupun kariernya. Mereka sering mengalami kesulitan untukmengambil keputusan dalam menentukan alternatif mana yangharus dipilih. Salah satunya adalah kesulitan dalam memahamidiri yang berkaitan dengan karirnya dan pengambilan keputusanyang berhubungan dengan rencana-rencana karier yang akandipilih untuk masa depannya. Kesulitan-kesulitan untukmengambil keputusan karier dapat dihindari ketika siswamemiliki sejumlah informasi yang memadai tentang hal-hal yangberhubungan dengan dunia kariernya. Karena itu mereka perlumendapatkan layanan informassi karir, bimbingan danpendampingan secara penuh supaya memperoleh pemahamanyang memadai tentang berbagai kondisi dan karakteristikdirinya, baik tentang bakat, minat, cita-cita, berbagai kekuatanserta kelemahan yang ada dalam dirinya dan tidak salah dalammenentukan karir yang dipilihnya.
KONTRIBUSI KONSELOR DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK SMA Kusmanto, Agung Slamet
JURNAL KONSELING GUSJIGANG Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Konseling Gusjigang Juni 2015
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (460.523 KB) | DOI: 10.24176/jkg.v1i1.288

Abstract

Pengembangan model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter, yang memfokuskan pada pembentukan seluruh aspek dimensi manusia, sehingga dapat menjadi manusia yang berkarakter. Kurikulum Holistik Berbasis Karakter ini disusun berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan diterapkan dengan menggunakan pendekatan Student Active Learning, Integrated Learning, Developmentally Appropriate Practices, Contextual Learning, Collaborative Learning, dan Multiple Intelligences yang semuanya dapat menciptakan suasana belajar yang efektif dan menyenangkan, serta dapat mengembangkan seluruh aspek dimensi manusia secara holistik. Maka diperlukan peran yang sangat besar dari guru pembimbing (konselor) SMA dalam mengembangkan potensi peserta didiknya dalam mengembangkan potensinya dan membentuk karakter individu itu sendiri dan memberikan warna positif dalam suasana pembelajaran.
PELAKSNAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK PADA SISWA CERDAS ISTIMEWA DI SMA NEGERI KOTA YOGYAKARTA Sutanti, Tri
JURNAL KONSELING GUSJIGANG Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Konseling Gusjigang Juni 2015
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (435.225 KB) | DOI: 10.24176/jkg.v1i1.293

Abstract

Siswa Cerdas Istimewa tidak hanya membutuhkan pengembangan pada aspek intelektual tetapi juga membutuhkan pengembangan pada aspek afektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan layanan konseling kelompok pada siswa cerdas istimewa di SMA Negeri kota Yogyakarta dan Bagaimana deskripsi proses layanan konseling kelompok pada siswa Cerdas Istimewa di SMA Negeri Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pengambilan sampel purposive sampling yakni dua sekolah SMA Negeri di Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok yang diberikan pada siswa CI di SMA Negeri Yogyakarta masih banyak ditemui sejumlah kelemahan. Kelemahan tersebut terdapat dalam proses persiapan konseling kelompok, pelaksanaan konseling kelompok, dan dalam evaluasi pelaksanaan layanan konseling kelompok dapat dikatakan belum optimal. Maka layanan konseling kelompok pada siswa Cerdas Istimewa di SMA Negeri Yogyakarta masih membutuhkan upaya perbaikan.
LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU TERLAMBAT MASUK SEKOLAH (Studi Pada Siswa Kelas X SMA 1 Gebog Tahun 2014/2015) Alamri, Nurdjana
JURNAL KONSELING GUSJIGANG Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Konseling Gusjigang Juni 2015
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.409 KB) | DOI: 10.24176/jkg.v1i1.259

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena keterlambatan siswaKelas X SMA 1 Gebog yang semakin sering terjadi. Tujuan penelitianini adalah mengetahui efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management untuk mengurangi terlambat masuksekolah pada siswa Kelas X SMA 1 Gebog. Ada 8 siswa sebagaisubjek penelitian yang dipilih berdasarkan frekuensi keterlambatanmasuk sekolah. Penelitian ini dirancang dalam dua siklus dan dimasing-masing siklus terdapat 3 kali pertemuan. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa pada pra siklus skor rata-rata adalah 41 menurunpada siklus I menjadi 28,63 dengan kategori cukup, dan pada siklus IImenjadi 13,13 atau sangat rendah dengan kategori sangat baik. Adapenuruanan dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 15,5 atau secarakeseluruhan 27,88. Sehingga hipotesis tindakan dapat diterima, karenaada peningkatan dari indikator keberhasilan.
APLIKASI INSTRUMENTASI TERPADU BERBASIS KOMPUTER: ALTERNATIF MEDIA PEMAHAMAN DIRI SISWA Rifa`i, Akhmad
JURNAL KONSELING GUSJIGANG Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Konseling Gusjigang Juni 2015
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.003 KB) | DOI: 10.24176/jkg.v1i1.289

Abstract

Rumusan masalah yang akan diteliti adalah (i) data pribadi apa sajakah yang diperlukan untuk membantu dalam pemahaman diri siswa? (ii) apakah program pengolahan dan penyajian data pribadi siswa berbasis komputer dapat meningkatkan efektivitas pemahaman diri siswa? Penelitian ini dirancang dengan model penelitian pengembangan yaitu pengembangan program pengolahan dan penyajian data pribadi siswa berbasis komputer (AIT) untuk meningkatkan efektivitas pemahaman diri terhadap siswa. Subjek penelitian ini adalah konselor dua sekolah yaitu SMA 1 Bae Kudus dan SMA 1 Kudus. Metode yang digunakan untuk menganalisa data adalah two tail t-test yang fungsinya membandingkan persepsi konselor mengenai efektivitas P3PD dalam membantu memahami siswa sebelum dan sesudah menggunakan AIT. Hasil penelitian diperoleh t-test = -14,45 lebih besar dari ttabel sebesar 1,75 dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model aplikasi instrumentasi terpadu ini dapat meningkatkan efektivitas pemahaman diri siswa.
EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGATASI PERILAKU MEMBOLOS SISWA KELAS XII IPS-1 SMA 1 GEBOG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Musafiroh, Musafiroh
JURNAL KONSELING GUSJIGANG Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Konseling Gusjigang Juni 2015
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.099 KB) | DOI: 10.24176/jkg.v1i1.260

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena membolos pada siswa kelas XII IPS-1 SMA 1 Gebog Tahun Pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan efektifitas layanan bimbingan kelompok untuk mengatasi perilaku membolos siswa kelas XII IPS I SMA 1 Gebog Kudus Tahun 2014/2015. Hasil observasi awal menunjukkan ada 8 siswa yang terindikasi berperilaku membolos sangat tinggi. Penelitian ini dirancang dalam dua siklus dimana masing-masing siklus diadakan empat kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa survei awal membolos siswa kelas XII IPS 1 SMA 1 Gebog sangat tinggi yaitu rata-rata skor 47,38, setelah diberi layanan Bimbingan Kelompok pada siklus I hasil skor rata-rata 26,13 dalam kategori cukup. Karena hasilnya belum maksimal maka dilakukan Bimbingan Kelompok siklus II dengan tujuan mengatasi membolos siswa menjadi rendah menjadi rata-rata skor 18,13. Sehingga hipotesis tindakan diterima karena teruji kebenarannya.
PERENCANAAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP 25 BANJARMASIN Jarkawi, Jarkawi
JURNAL KONSELING GUSJIGANG Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Konseling Gusjigang Juni 2015
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.635 KB) | DOI: 10.24176/jkg.v1i1.290

Abstract

Praktek layanan BK di sekolah merupakan usaha membantu peserta didik mengembangkan diri. Diharafkan peserta didik dapat memahamin bakat, minat serta norma dan nilai yang dianut berdasarkan pengalaman dalam kehidupan. BK secara efektif melalui perencanaan program BK dengan prinsip dan bidang layanan bimbingan pribadi, sosial, karier dan belajar serta pemaknaan terhadap pengalaman peserta didik akan menambah berarti bagi peserta didik dalam kehidupannya untuk masa depan yang lebih baik didunia maupun diakhirat. Permasalahan penelitian adalah Mengkaji secara ilmiah bagaimana perencanaan program BK di SMP Negeri 25 Banjarmasin dengan komponen variabel pendukung internal, pendukung eksternal, variabel fokos, variabel dampak Tujuan penelitian ntuk mendapatkan gambaran perencanaan program BK di SMP Negeri 25 Banjarmasin, fokus pada faktor perencanaan program, internal dan eksternal, implementasi, dan evaluasi efesiensi dan efektifitas serta produktifitas dan outcome program BK.
PENGEMBANGAN LAYANAN INFORMASI TEKNIK SYMBOLIC MODEL DALAM MEMBANTU MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN BELAJARANAK USIA SEKOLAH DASAR Lestari, Indah
JURNAL KONSELING GUSJIGANG Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Konseling Gusjigang Juni 2015
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.076 KB) | DOI: 10.24176/jkg.v1i1.261

Abstract

Kemandirian belajar yang rendah merupakan gejala yang masih nampak sebagai permasalahan yang serius, khususnya di Sekolah Dasar. Siswa dengan kemandirian belajar yang rendah tidak bisa memperoleh prestasi yang maksimal. Alternatif pelayanan bimbingan dan konseling yang dapat membantu meningkatkan kemandirian siswa adalah Layanan Informasi. Layanan informasi konvensional berorientasi pemberian informasi satu arah. Dalam upaya meningkatkan kemandirian belajar, seorang guru tidak bisa hanya memberikan ceramah dan arahan, dibutuhkan teladan yang memungkinkan siswa belajar mengenai hal-hal yang tidak bisa dipelajari hanya melalui proses ceramah. Salah satu teknik yang bisa diterapkan dalam kegiatan tersebut adalah modeling symbolic. Oleh karena itu, perlu dikembangkan layanan yang memungkinkan lebih banyak siswa untuk mengikuti kegiatan dengan memanfaatkan teknik modeling simbolik. Layanan informasi dianggap pola layanan tepat untuk dikembangkan dengan teknik modeling simbolik karena paling memungkinkan untuk diselenggarakan secara klasikal. Sehingga, lebih banyak peserta yang dapat mengikuti kegiatan dan berinteraksi dengan model yang disediakan.
MENGEMBANGKAN KESIAPAN MENTAL CALON TKW ADAN KELUARGANYA Santoso, Santoso
JURNAL KONSELING GUSJIGANG Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Konseling Gusjigang Juni 2015
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (316.717 KB) | DOI: 10.24176/jkg.v1i1.291

Abstract

Ketidakstabilan kondisi mental dan emosional dirasakan oleh seseorang yang akan meninggalkan keluarganya atau meninggalkan seseorang yang dicintainya, dan atau sebaliknya ketidakstabilan metal dan emosional juga dirasakan oleh keluarga atau orang-orang yang ditinggalkannya. Sikap mental yang dimaksudkan disini adalah kesiapan mental calon TKW dan keluarganya dalam menghadapi berbagai krisis psikologis, konflik psikis dan goncangan batin dalam menghadapi berbagai perubahan yang muncul baik dari dalam diri sendiri, keluarga, maupun permasalahan yang muncul di tempat penampungan maupun ditempat kerja di luar negeri. Mengembangkan kesipan mental bagi calon TKW dan keluarganya, sebagai upaya mempersiapan mental para calon TKW dan keluargnya dalam menghadapi berbagai krisis psikologis, konflik psikis dan goncangan batin karena adanya berbagai perubahan dari dalam diri, keluarga maupun tempat penampungan. Aspek kesiapan mental yang dikembangkan yaitu kematangan emosional, rasa percaya diri, dan kemampuan mengatasi masalah untuk membangun keutuhan rumah tangga yang harmonis.

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 9, No 1 (2023): Jurnal Konseling Gusjigang Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Konseling Gusjigang Desember 2022 Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Konseling Gusjigang Juni 2022 Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Konseling Gusjigang Desember 2021 Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Konseling Gusjigang Juni 2021 Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Konseling Gusjigang Desember 2020 Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Konseling Gusjigang Juni 2020 Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Konseling Gusjigang Desember 2019 Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Konseling Gusjigang Juni 2019 Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Konseling Gusjigang Desember 2018 Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Konseling Gusjigang Desember 2018 Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Konseling Gusjigang Juni 2018 Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Konseling Gusjigang Juni 2018 Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Konseling Gusjigang Desember 2017 Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Konseling Gusjigang Desember 2017 Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Konseling Gusjigang Juni 2017 Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Konseling Gusjigang Juni 2017 Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Konseling Gusjigang Desember 2016 Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Konseling Gusjigang Desember 2016 Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Konseling Gusjigang Juni 2016 Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Konseling Gusjigang Juni 2016 Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Konseling Gusjigang Desember 2015 Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Konseling Gusjigang Desember 2015 Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Konseling Gusjigang Juni 2015 Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Konseling Gusjigang Juni 2015 More Issue